Senin,22 April 2019
MASUK
 

Polda Kalbar Siap Amankan May Day

Kamis, 30 April 2015 | Oleh : admin | Kategori : Internal


PONTIANAK - Peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei mendatang menjadi hari yang paling ditunggu oleh para buruh khususnya di Indonesia. Selain menyampaikan aspirasinya, para buruh tersebut juga akan melakukan aksi didepan kantor DPR bahkan hingga ke Istana Presiden. Untuk mengantisipasi hal tersebut berbagai pihak pengamanan pun telah melakukan upaya dalam mempersiapkan pasukannya. Polda Kalbar memiliki strategi tersendiri dalam persiapan pengamanan unjuk rasa yaitu dengan menggelar simulasi di Lapangan Jananuraga Mapolda Kalbar. 
Skenario cerita dimulai dengan aksi ratusan anggota kepolisian dari Direktorat Sabhara Polda Kalbar yang nyaris bentrok dan adu fisik dengan puluhan pengunjuk rasa Rabu (29/4) 2015. Tak hanya itu pengunjuk rasa tersebut juga membawa sepanduk-sepanduk yang bertuliskan aspirasi mereka terhadap kenaikan BBM ( Bahan Bakar Minyak ). Lantaran jumlah pengunjuk rasa semakin banyak, aksi saling dorong pun tak dapat terelakkan. Masa semakin beringas dan anarkis. Selain membakar ban, aksi lempar juga ditujukan kepada anggota polisi yang melakukan pengamanan. Ditengah-tengah berlangsungnya aksi saling dorong, beberapa orang anggota kepolisian berhasil mengamankan salah seorang pengunjuk rasa yang diduga sebagai provokator dalam aksi tersebut. Skenario simulasi penanganan ini dilakukan oleh kepolisian khususnya pada saat melakukan pengamanan unjuk rasa.
 Peran pengunjuk rasa itu sendiri merupakan sebagian anggota dari Direktorat Sabhara Polda Kalbar. Kegiatan ini disaksikan oleh personil Mapolda Kalbar bersama dengan para pejabat utama Polda Kalbar. Simulasi ini dipimpin langsung oleh Kombes Pol Badya Wijaya yang merupakan Direktur Sabhara Polda Kalbar. Hal ini berkaitan dengan kesiapan pasukan pada hasil rapat koordinasi ( rakor ) fungsi Baharkam yang diselenggarakan pada Selasa (28/4) 2015 di Aula Mapolda Kalbar. Sementara itu pada kesempatan yang sama, tim K-9 Direktorat Sabhara Polda Kalbar juga menunjukan kebolehannya dalam membantu tugas-tugas kepolisian. Anjing-anjing pelacak terlatih ini dapat melakukan pencarian korban bencana alam, melacak bahan peledak serta zat adiktif lainnya.(policenewscenter.com)

Komentar

  • 17 Mei 2017 - 23:32:41 WIB

    Wonderful article! We are linking to this great article
    on our website. Keep up the good writing. Wonderful article! We are linking to this great article
    on our website. Keep up the good writing.

Tambah Komentar



 

Copyright © 2019 www.policenewscenter.com, All Rights Reserved